Minggu, 06 Februari 2011

manfaat apotek hidup

MANFAAT APOTEK HIDUP
BAGI KEHIDUPAN
Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Individu  Mata Kuliah
Bahasa Indonesia

Dosen : Purnama Suryaatmaja, S.Pd.











Oleh
Nama    : ENI IRYANI
NIM    : 1011680570
Semester     : I – A


PROGRAM PENDIDIKAN GURU SD/MI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
PUTERA GALUH CIAMIS
TAHUN AKADEMIK 2010-2011
Jl. Raya Banjar Km. 141 Cijantung Ciamis Tlp (0265) 772865
KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memeberi Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tanpa ada kendala apapun. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kejahilan menuju alam terang benderang. Ucapan terima kasih kami kepada dosen mata kuliah Bahasa Indonesia, Bapak Purnama Surya Atmadja, S.Pd. yang telah banyak membagi ilmunya kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah yang berjudul “Manfaat Apotek Hidup Bagi Kehidupan” ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia yang dibuat berdasarkan tinjauan, pengalaman, serta sumber-sumber yang relevan terhadap materi pada makalah ini.
Kami sadar bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak tedapat kesalahan-kesalahan yang patut kami perbaiki. Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat konstruktif sangat penulis nantikan dari para pembaca.
Akhirnya, semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.





Ciamis,   Januari 2011
Penulis,







DAFTAR ISI
                                                                                                                         hal
KATA PENGANTAR       i
DAFTAR ISI      ii
BAB I     PENDAHULUAN      1
    1.1 Latar Belakang Masalah      1
1.2 Rumusan Masalah      2
1.3 Tujuan Penulisan      2
BAB II     PEMBAHASAN      3
                 2.1 Tinjauan Umum Tentang Manfaat Apotek Hidup Bagi Kehi
                        Dupan      3
       2.1.1 Pengertian Apotek Hidup      3
       2.1.2 Macam-Macam Tanaman Apotek Hidup      3
       2.1.3 Hubungan Antara Apotek Hidup Dengan Kesehatan      4
       2.1.4 Apotek Hidup Mudah Dan Hemat Biaya      5
2.2  Tinjauan Khusus Tentang Manfaat Apotek Hidup Bagi Kehi
       Dupan      6
       2.2.1 Apotek Hidup Sebagai Alternatif Pengobatan Alami      6
       2.2.2 Apotek Hidup Sebagai Sarana Ramah Lingkungan       7    
       2.2.3 Manfaat Apotek Hidup Bagi Ekonomi Keluarga      7
                        2.2.4 Apotek Hidup Sebagai Tanaman Hias Pekarangan.....     8
                        2.2.5 Rasa   Pahit  Tidak   Berpengaruh  Terhadap Khasiat
                                 Tanaman Apotek Hidup……………………………...  8
                 2.3 Penanggulangan Terhadap Minat Pada Apotek Hidup
                       Dari Segi Manfaatnya Bagi Kehidupan…………………….  9
                       2.3.1 Memperbanyak Pengetahuan Tentang Apotek Hidup
                    Melalui Berbagai  Media………………………….….  9
        2.3.2 Pembiasaan  Mengkonsumsi Tanaman Obat Daripada
                   Obat Buatan..................................................................  10
BAB III     PENUTUP     11
3.1 Kesimpulan     11
3.2 Saran     12
DAFTAR PUSTAKA





































BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya manusia sering kali memandang alam sekitar ini dengan sebelah mata, apakah itu karena sifat mereka yang acuh tak acuh memandang sesuatu ataupun karena kesibukan mereka dengan berbagai aktivitas yang mereka jalankan sehari hari.
Adakalanya kita sering kali menganggap alam sekitar kita ini hanya sebagai hiasan yang dapat menyejukan mata saja tanpa memperhatikan apa saja yang terkandung didalamnya, termasuk manfaat apa saja yang dapat kita rasakan dari alam tersebut.
Di zaman yang sudah canggih seperti ini, tentunya kata apotek hidup sudah jarang sekali kita dengar, bahkan anak-anak zaman sekarang banyak yang tidak mengetahui apa apotek hidup itu. Tidak hanya itu, terkadang orang menyepelekan kegiatan apotek hidup. Padahal dibalik kegiatan apotek hidup itu banyak menyimpan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.
 Misalnya saja banyak orang yang lebih cenderung menggunakan obat buatan atau obat yang dibuat dari bahan-bahan kimia sebagai solusi untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang mereka derita, akan tetapi mereka tidak begitu menyadari dampak negatif dengan ketergantungan secara terus menerus mengkonsumsi obat kimia tersebut. Padahal alam telah memberikan sebuah solusi yang lebih baik dan lebih aman untuk di konsumsi.
Sebagai salah satu alternatif pengobatan yakni pengobatan tradisional, alam menyediakan tanaman-tanaman yang dapat menyehatkan tubuh dan terjamin khasiatnya. Sebagaimana yang telah dicontohkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sejak dahulu. Beliau seringkali mengkonsumsi bahan-bahan yang berasal dari alam untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti halnya dari yang berbahan dasar akar-akaran, herbal, dll.
Oleh karena itu, kegiatan seperti halnya apotek hidup sangat penting sekali
di zaman seperti  sekarang untuk dikembangkan sebagai  solusi untuk meyediakan
bahan obat yang bersifat alamiah dan menyehatkan tubuh, karena dalam realitanya sudah sangat jarang sekali orang yang mengembangkan kegiatan berkebun apotek hidup walaupun mereka menyadari pentingnya apotek hidup itu.


1.2     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, penulis dapat membuat rumusan masalah sebagai berikut :
a.    Apakah pengertian apotek hidup itu?
b.    Tanaman apa sajakah yang termasuk kepada  tanaman apotek hidup itu?
c.    Bagaimana hubungan antara apotek hidup dengan kesehatan?
d.    Apakah benar berkebun apotek hidup itu mudah dan hemat biaya?
e.    Apakah benar apotek hidup itu dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan alami atau pengobatan tradisional?
f.    Bagaimana peranan apotek hidup sebagai salah satu sarana ramah lingkungan?
g.    Apa manfaat apotek hidup bagi perekonomian keluarga?
h.    Apakah benar tanaman apotek hidup dapat dijadikan sebagai tanaman hias?

1.3       Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk menyajikan gambaran tentang pentingnya kegiatan apotek hidup dalam kegiatan sehari-hari, dimana kegiatan ini syarat akan berbagai manfaat.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Tinjauan Umum Tentang Apotek Hidup
2.1.1    Pengertian Apotek Hidup
Apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian lahan tanah atau pekarangan untuk ditanami dengan berbagai jenis tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari hari.
Dapat diartikan juga dengan istilah yang mengacu pada lahan yang ditanami  berbagai macam tumbuhan yang dipercaya berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit secara tradisional. Umum diketahui bahwa daripada lahan pekarangan dibiarkan kosong dan disia-siakan, lebih baik dipergunakan untuk apotek hidup supaya lebih bermanfaat bagi kehidupan.


2.1.2    Macam-Macam Tanaman Apotek Hidup
Sekarang ini banyak ekstrak dari beberapa jenis tanaman obat yang telah dijadikan sebagai bahan dasar dari pengobatan zaman modern. Berikut ini beberapa jenis tanaman-tanaman obat yang dapat mengisi apotek hidup kita :
    Lidah Buaya
Lidah buaya atau Aloe Vera sudah lama dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Manfaat lainnya adalah dapat digunakan untuk meredakan batuk. Biasanya lidah buaya berbentuk panjang dengan berujung lancip, dengan sisinya yang lumayan agak tajam. Biasanya berwarna hijau, dan pada umumnya di bagian dalam terdapat lendir yang sangat berkhasiat sekali.

    Sirih
Sirih berkhasiat dan dikenal karena memiliki kandungan anti septik yang baik. Kita juga dapat menggunakannya untuk meredakan batuk.


    Jahe
Jahe pada umumnya berwarna putih kecoklat-coklatan, dan bentuknya agak panjang. Jahe dapat  dipergunakan  untuk  menyembuhkan batuk  dan
reumatik karena dapat menghasilkan rasa hangat.
    Jinten
Bila di keluarga terdapat anggota keluarga yang menderita penyakit panas, maka dapat menggunakan jinten sebabai solusi untuk menyembuhkan penyakit panas. Jinten juga bermanfaat untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.
    Kencur
Pada umumnya kencur berwarna coklat keputih-putihan, apabila kencur dicampur dengan beran dan di tumbuk, maka dapat berkhasiat untuk meredakan lebam bekas benturan. Selain di pergunakan sebagai obat, kencur juga dapat di pakai untuk bumbu dapur.
    Daun Sembung
Daun sembung biasanya berwarna hijau dan berbentuk agak besar, daunnya agak kasar apabila di pegang. Daun sembung bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan
    Mahkota Dewa
Biasanya yang suka digunakan sebabai bahan untuk obat adalah buahnya. Buah yang sudah masak baik digunakan untuk pengobatan. Biasanya buah yang sudah matang berwarna merah. Mahkota bewa berkhasiat untuk meredakan sakit perut (mencret) karena mengandung rasa yang pahit.
Dll.


2.1.3    Hubungan Antara Apotek Hidup Dengan Kesehatan
Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan merupakan salah satu nikmat yang paling indah yang telah Tuhan berikan kepada kita. Dengan kesehatan, kita dapat menjalankan berbagai aktifitas seperti biasa dan mempergunakan hidup dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, kita harus menjaga dengan baik kesehatan kita.
 Persoalan yang timbul manakala kesehatan kita sedang terganggu, dan solusi yang paling baik adalah dengan menggunakan pengobatan alami yang berasal dari alam. Dan hal seperti ini identik dan berhubungan dengan kegiatan apotek hidup.
Ada keterkaitan yang sangat erat sekali antara apotek hidup dengan kesehatan. Kedunya tidak dapat dipisahkan. Secara tidak langsung, kesehatan berasal dari apotek hidup dan begitupun juga dengan apotek hidup yang merupakan gudang dari berbagai obat yang bersifat alamiah. Didalam apotek hidup terdapat macam-macam tanaman obat yang dapat menyehatkan tubuh. Didalam tumbuhan obat terdapat zat-zat atau kandungan yang dipercaya mampu memberikan pengobatan dan penyembuhan bagi berbagai macam penyakit.


2.1.4   Apotek Hidup Mudah Dan Hemat Biaya
Pada umumnya tanaman obat atau tanaman apotek hidup lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman, karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya sendiri sehingga kita tidak perlu memberikan pestisida. Dengan demikian kita dapat menghemat biaya secara tidak langsung. Cara perawatannyapun sangat mudah, kita hanya tinggal memberinya pupuk supaya tanaman obat tersebut tumbuh subur. Dan tidak ketinggalan pula, kita harus menyiramnya secara teratur setiap hari supaya tidak layu.
Tanaman pengganggu terkadang sangat merugikan. Biasanya tumbuh diantara sela-sela tanaman obat. Oleh karena itu apabila sudah terlihat banyak tumbuhan  pengganggu disekitar tanaman obat,  maka  kita   harus  cepat-cepat menyianginya  supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman obat tersebut.
Terkadang   faktor cuaca   sangat mempengaruhi  kualitas tanaman obat. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai memilih jenis tanaman yang tepat yang disesuaikan dengan cuaca. Musim penghujan yang terus menerus tidak terlalu baik bagi kualitas tanaman obat, karena kebanyakan air dapat menjadikan tanaman obat menjadi cepat busuk dan mati. Begitupun juga dengan musim kemarau yang panjang. Dari sinilah kita harus pandai-pandai menyiasati jenis tanaman obat yang yang paling baik untuk ditanam berdasarkan cuaca.
Kegiatan apotek hidup sangatlah baik diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, selain mudah pemeliharaannya tetapi juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena bibitnya dapat dicari di daerah sekitar tanpa harus membeli. Yang  paling penting adalah adanya kemauan, keuletan,  dan  ketekunan
yang tinggi.
Karenanya apabila ada kemauaan yang keras pasti akan menumbuhkan hasil yang terbaik. Salah satunya dengan menjalankan aktifitas apasaja dengan penuh kesabaran dan semangat serta selalu didasari dengan niat lillahita’ala dalam hatinya.


2.2  Tinjauan Khusus Tentang Manfaat Apotek Hidup Dalam Kehidupan
2.2.1  Apotek Hidup Sebagai Alternatif Pengobatan Alami Atau Tradisional
Banyak tanaman obat yang ditanam di di apotek hidup bermanfaat untuk penyembuhan dan pengobatan, hal ini terbukti  bahwa di bagian dalam tanaman-tanaman obat tersebut mengandung zat-zat yang berkhasiat, misalnya saja seperti zat yang terkandung dalam lidah buaya yang berupa lendir. Ataupun ekstrak-ekstak dan zat-zat yang terkandung di dalam tanaman obat yang lainnya.
 Kemampuan menyembuhkan dan efek fositif dari beberapa tanaman sebagai obat telah lama diketahui jauh sebelum para ilmuwan menemukan berbagai obat-obatan dengan berbahan kimia. Banyak orang yang beranggapan bahwa obat tradisional yang berbahan dasar alam dapat digunakan untuk mengobati bahkan menyembuhkan berbagai penyakit.
Pada umumnya, obat tradisional lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibanding obat-obatan buatan pabrik. Pada masa awal, pengobatan di rumah dengan tanaman obat ditemukan dengan mencoba dan belajar dari kesalahan (Trial and error). Saat ini ekstrak dari beberapa tanaman obat telah dipergunakan untuk pengobatan pada zaman modern dan terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit serius.
2.2.2     Apotek Hidup Sebagai Sarana Ramah Lingkungan
Kita tentunya sudah tahu dan sering mendengar istilah “Global Warming” atau yang disebut dengan pemanasan global. Bumi kita ini sedang mengalami hal yang demikian, dimana lapisan ozon bumi hari demi hari semakin menipis. Hal tersebut diakibatkan karena semakin berkurangnya pasokan oksigen yang di produksi  tumbuh-tumbuhan, lagi-lagi disebabkan  oleh  perbuatan  manusia  yang
membuat keruksakan di muka bumi ini dengan melakukan penebangan pohon yang terus menerus. Apalagi perbuatan yang dilakukan oleh segelintir orang yang melakukan penebangan liar yang tidak bertanggung jawab tanpa memikirkan dampak dari perbuatannya itu. Sehingga menyebabkan jumlah tumbuhan berkurang dan suhu dan temperatur bumi semakin panas. Ditambah lagi dari banyaknya polusi udara yang begitu banyak, apakah itu yang berasal dari asap kendaraan bermotor atau asap dari pabrik yang  menyebabkan lapisan ozon semakin menipis.
Untuk menanggulanginya maka apotek hidup sangat berperan penting sekali, karena dengan apotek hidup dapat memperkecil kemungkinan menipisnya lapisan ozon dan dapat mengurangi rasa panas yang sering kali kita rasakan di siang hari. Apotek hidup telah terbukti menciptakan bentuk penghijauan yang dapat menyejukan udara. Oleh karena itu dengan berapotek hidup, secara tidak langsung kita telah menyelamatkan bumi kita tercinta ini.


2.2.3    Manfaat Apotek Hidup Bagi Perekonomian Keluarga
Apotek hidup dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh anggota keluarga. Bayangkan saja bila di dalam pekarangan anda tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit. Tentu hal yang menyenangkan, anda tinggal mengambilnya kapan saja bahkan malam hari sekalipun. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya. Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah mampu untuk berhidup hemat, tidak perlu capek-capek dan susah-susah mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke dokter.
 Apabila di apotek hidup kita terdapat tanaman obat yang tidak hanya dapat dipergunakan sebagai obat, tetapi dapat pula digunakan sebagai bumbu dapur seperti jahe, kencur, dll. Hasilnya itu dapat kita jual ke pasar dan dapat menambah uang saku untuk keperluan dapur.  Dengan kata lain, apotek hidup merupakan salah satu solusi penghematan yang tepat bagi masalah perekonomian keluarga.


2.2.4    Apotek Hidup Sebagai Tanaman Hias di Pekarangan
Kegiatan berkebun sangat banyak sekali manfaatnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berkebun juga dapat menghasilkan lingkungan yang sehat dan indah. Tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Kita dapat pula menanam tanaman obat diantara tanaman hias atau bunga-bunga yang ada dipekarangan.
Suatu rumah tentu akan tampak cantik apabila taman yang indah dipenuhi dengan tanaman yang cantik. Apalagi tumbuhan tersebut mempunyai berbagai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jadi jangan sia-siakan lahan atau pekarangan anda untuk membuat taman yang indah. Tidak hanya dipenuhi dengan berbagai tanaman hias atau berbagai jenis bunga, tetapi  dengan berbagai tanaan obat atau pohon buah.


2.2.5    Rasa pahit Tidak Berpengaruh Terhadap Khasiat Tanaman Apotek Hidup
Terkadang kebanyakan orang dalam memilih sesuatu hal ingin yang bersifat instan. Seperti halnya saja adalah dalam pemilihan obat ketika sedang sakit. Kebanyakan orang menganggap bahwa obat buatan atau obat yang berbahan kimia itu lebih praktis dan cepat digunakan. Terlebih lagi orang-orang tidak ingin ambil pusing dan capek-capek untuk mendapatkan obat tersebut. Apalagi hal yang difikirkan oleh orang-orang bahwa proses berkebun apotek hidup itu sangat rumit, menguras tenaga dan menjemukan.
Hal tersebut dikarenakan mulai dari proses menanam sampai memproses untuk dijadikannya obatpun lumayan rumit. Padahal itu merupakan suatu pandangan yang salah, karena berkebun apotek hidup itu mudah, mengasyikan dan membuat orang menjadi sehat (bisa dibilang berolahraga).
Terlebih-lebih tanaman apotek hidup itu identik dengan jamu, dan kebanyakan orang menganggap bahwa rasa jamu pada umumnya lebih pahit daripada rasa obat buatan. Disini kita harus pandai-pandai serta jeli dalam memperhatikan dampak negatif dari penggunaan obat buatan tersebut. Meskipun bersifat praktis dan efesien, namun kita harus memperhatikan pula dampak negatif
nya yakni berbahaya bagi tubuh.
Berbeda dengan tanaman obat yang berasal dari apotek hidup, meskipun rasanya agak pahit tetapi mempunyai khasiat yang sangat besar dan tidak membahayakan pada tubuh.


2.3      Penanggulangan   Terhadap   Minat   Pada   Apotek  Hidup  Dari  Segi          
           Manfaatnya Bagi Kehidupan
2.3.1     Memperbanyak     Pengetahuan   Tentang    Apotek    Hidup   Melalui
              Berbagai  Media
Ilmu memang harta yang tidak ternilai harganya. Tidak berat untuk dibawa kemana-mana. Manfaatnyapun dapat kita rasakan. Oleh karenanya kita harus rajin-rajin membaca karena dengan membaca jendela dunia akan terbuka lebar-lebar dan wawasan kitapun akan semakin bertambah. Tidak hanya ilmu yang bersifat pembelajaran di sekolah, tetapi juga ilmu yang bersifat umum.
Sekarang ini banyak media-media yang menyediakan berbagai fasilits-fasilitas untuk memperkaya ilmu kita, seperti buku-buku, internet, dsb. Media tersebut dapat kita dapatkan dimana saja, hanya tinggal kemauaan kita saja untuk membaca. Seperti halnya saja kita dapat mencari informasi yang berbau apotek hidup seperti manfaat dari apotek hidup, khasiat dari tanaman-tanaman obat, jenis-jenis tanaman apotek hidup, dsb. Semuanya dapat kita dapatkan dengan membaca ilmu ataupun dengan membuka situs internet.
Diharapkan dengan membaca dan memperoleh berbagai informasi mengenai apotek hidup dari berbagai media dapat menyadarkan kita bahwa apotek hidup itu sangat berpengaruh bagi kehidupan kita khususnya dengan kesehatan kita. Dan mempunyai berbagai manfaat yang baik dalam semua aspek kehidupan.
Karena sebab itu banyak orang yang tergugah hatinya untuk mempraktekkan apa yang telah mereka baca tersebut, baik yang bersumber dari buku maupun dari internet mengenai apotek hidup dalam kehidupan nyata . Dan dengan mempraktekan apa yang telah mereka baca, mereka dapat merasakan manfaat dari berkebun apotek hidup tersebut.


2.3.2   Pembiasan Mengkonsumsi Tanaman Obat Daripada Obat Buatan
Herbal merupakan salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat dan berkualitas baik, tidak kalah dengan khasiat obat kimia. Herbal tidak mempunyai efek samping yang negatif. Penggunaan tanaman obat harus dilakukan dari sedini mungkin supaya terbiasa. Penggunaan obat buatan secara terus menerus berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.
 Penggunaan obat buatan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama dapat menjadikan kekebalan tubuh menjadi berkurang dan malahan akan menimbulkan penyakit baru akibat dari efek samping obat kimia tersebut. Seperti halnya dalam sebuah ungkapan disebutkan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Oleh karena itu, sebaiknya dari mulai sekarang apabila kita sakit harus dibiasakan mengkonsumsi tanaman obat yang berasal dari apotek hidup kita. Selain murah, mudah didapat juga berkhasiat baik bagi kesehatan .
Orang tua pada zaman dahulupun menggunakan obat alami sebagai alternatif pengobatan mereka, dan kini tidak ada salahnya kita mengikuti langkah mereka selama itu berdampak fositif dan baik bagi kesehatan tubuh kita.



BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Apotek hidup memiliki peranan penting dalam kehidupan. Seperti halnya apotek hidup yang syarat akan berbagai mafaat. Manfaat yang dapat diperoleh dengan berkebun  apotek hidup antara lain :
1.    Sebagai salah satu solusi atau alternatif dari pengobatan tradisional
2.    Sebagai sarana ramah lingkungan
3.    Sebagai tanaman hias di pekarangan
4.    Sebagai sarana penghematan bagi perekonomian keluarga
Namun dengan adanya pengaruh dari obat buatan, terkadang kebanyakan orang cenderung memakai obat buatan sebagai solusi ketika mereka sakit dengan alasan lebih praktis dan mudah didapat. Namun tanpa mereka sadari bahwa dengan mengkonsumsi obat buatan secara terus menerus dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mereka.
Berbeda halnya dengan tanaman obat yang alamiah, selain aman dikonsumsi, murah juga mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan.
Anggapan yang sering muncul tentang apotek hidup itu adalah selain rasanya yang pahit juga berkebun apotek hidup itu sulit, membutuhkan kerja keras, dan menyita banyak waktu. Padahal anggapan tersebut salah sekali , karena berkebun apotek hidup itu mengasyikan.
 Untuk merubah anggapan mereka tentang  apotek hidup, maka mereka harus lebih memperbanyak pengetahuan tentang apotek hidup baik dari segi manfaatnya, peranannya, dsb, supaya dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata dan manfaatnya itu dapat mereka rasakan. Selain itu kita harus membiasakan diri dari sekarang mengkonsumsi tanaman obat manakala kita sakit.




3.2     Saran
Karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dengan berkebun apotek hidup maka penulis menganjurkan untuk melakukan kegiatan  apotek hidup sebagai salah satu upaya untuk menuju kehidupan yang sehat, hemat, dan indah.



























DAFTAR PUSTAKA

Gurnita, Andri.2007.”Pembaharuaan Kesehatan Melalui Apotek Hidup”dalam           Kompas.(13 Nopember,  hal 20). Jakarta.
Irawan, Widi. 2007.”Manfaat Si Mungil Jahe”.dalam Nova. (2 Mei, edisi 843).
Jakarta.             
Sulistyanto, Heri,dan Edi Wiyono.2008.Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 5 untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar